Anugerah Terbesar

29 01 2007

Pagi-pagi dingin sisa hujan semalam, membawaku untuk menikmati suasana dengan perasaan begitu suka cita dan keinginan untuk terus mengucap rasa syukur atas datangnya hari ini, lagi. Sejak membuka mata dini hari sebelum waktu subuh, kedua kekasih kecilku dan pak Uban telah menghadiahi hari ini dengan ciuman dan pelukan hangat mereka. Selebihnya, kegitan berjalan seperti biasa hingga tibalah saatnya waktu membuka bacaan pagi. Dan apa yang kubaca membuatku tertegun begitu lama.

Selain berita tentang segala penyakit musim hujan, politik yang membuat geleng kepala, juga ada berita tentang seorang Tamara Blezsinski yang cantik, tapi dijauhi putranya. Dijauhi putranya ! Apapun berita tentang selebriti yang sempat terjamah olehku, bukan urusanku sebagai pembaca dan tidak harus juga membuat aku atau kita memikirkannya dalam-dalam. Setiap orang toh memiliki masalahnya sendiri. Hanya saja kali ini menempatkanku pada posisi merasakan naluri keibuanku. Ketika hak pengasuhan anak jatuh pada tangan Bapak dan bukan pada Ibu, bisa ada banyak ragam alasannya. Namun ketika salah satu alasan itu adalah karena sang anak sungguh tidak ingin berada di dekat sang ibu, bagiku hal itu merupakan kesedihan yang tiada tara dan sulit terlukiskan rasa perihnya. Ada sesuatu yang salah disana.

Anak, memiliki rasa sayang yang sama terhadap kedua orangtuanya. Yakin. Namun masalah kedekatan, memang bisa saja terjadi agak berat pada salah satunya. Begitupun, bukan berarti jika seorang anak sangat dekat dengan sang Bapak, lantas tidak ingin berada bersama Ibu. Maka, ketika kenyataan itu terjadi pada sang artis, hatiku seakan ingin berteriak, apa yang telah terjadi? Apa yang telah kaulakukan pada anakmu, Tamara, sehingga dia menjauhi ibunya sendiri? Benar atau tidak, aku tak pernah tahu. Namun andai memang benar…..sebaiknya Ibu bertanya pada dirinya dan segera mencari cara untuk mendekati putranya.

Menjadi seorang Ibu adalah sebuah tugas yang harus mampu memadukan ketegasan, keteguhan hati, sekaligus kelembutan. Disana diperlukan sebuah kecerdasan, baik pikiran dan terlebih emosi, untuk menyiasati segala keinginan dan sifat-sifat pribadi yang akan mempengaruhi pikiran dan perilaku putranya. Dan melaksanakannya sangat tidak mudah. Karena hal-hal inilah maka seringkali aku bertanya pada diri sendiri, sudahkah aku menjadi seorang ibu yang memenuhi kebutuhan batin kekasih-kekasih kecilku? Mengingat pada hakekatnya seorang ibu juga manusia yang menyimpan berjuta kelemahan, semestinya segala kekhilafan bisa dimaklumi. Namun jika ternyata tidak ada lagi maklum dari sang putra, bahkan ia berlari menjauh, tidakkah hal itu menjadi sebuah cermin besar untuk mengukur kadar kesalahan? Mungkin ada ibu seperti aku yang tidak terlalu perduli dengan citra diri di hadapan orang lain. Tapi tetap, sang ibu pasti ingin terlihat bernilai baik di hadapan putranya.

Tidak terbayangkan olehku, betapa gundahnya Tamara merasakan kiamat saat ini. Dan ketika tidak terasa membandingkan kondisinya denganku saat ini, kuingat lagi saat-saat tadi Ari dan Rayi mendekapku, mencium pipiku, aku lebih merasa bersyukur. Mereka adalah anugerah terbesar dalam hidupku. Aku tidak boleh kehilangan mereka apalagi jika itu atas keinginan mereka sendiri. Maka, ketika para sahabat bertanya tentang hadiah terindah bagiku, aku hanya tersenyum. Karena hidup dikelilingi oleh segala cinta dan kasih sayang dari orang-orang tercinta, dan khususnya Ari dan Rayi, sudah melebihi segala yang kuinginkan didunia ini. Terima kasih sayang…dan untuk semua keluarga dan teman-teman tercinta….cintaku untuk kalian…!!


Aksi

Information

15 responses

30 01 2007
dian mercury

doooh ibu satu ini….naluri keibuannya keluar mulu hehhe…tolong donk iki diadopsi.

30 01 2007
-FM-

i love you too mbak.

30 01 2007
angin-berbisik

anak emang anugrah terbesar dan terindah mbak, investasi kita dunia dan akhirat

30 01 2007
Hany

Hiyo, Jeng. Kita doakan saja mereka.

30 01 2007
kenny

smoga mereka cepet menyadari keegoisan nya, demi anak.
@ dian, sekalian tuh dian +iki diapdopsi(pokoknya aku gak setuju klo 2 org itu dipisahkan :D)

30 01 2007
endangwithnadina

*Dian, kendala bahasa kalee…bahasa bogem aja yg universal…
*Fm, I love you too, Fit…
*Tia, amiin…
*Hany, selalu ya Han..
*Kenny,..hlo..adopsi Dian lha mas Dapitnya gimana ?

30 01 2007
de

Lha, Pak Uban kok ndak disebut di bagian terakhir itu. Wah bisa2 kena embargo nih.. embargo opo yo?..hihihi

30 01 2007
prayogo

Wah, jadi pengen cepet2 nikah, kemudian punya anak.

Namun memang anak itu adalah titipan, dan kita harus bisa menjaganya…

30 01 2007
joni

alangkah bangganya Ari dan Rayi yang memiliki ibu seperti mbak endangwithnadina ini.. penuh cinta dan penuh syukur terhadap keluarga. 🙂

31 01 2007
endangwithnadina

*De, mmm….udah kebanyakan nyebutin dia…heheheh
*Prayogo, nanti undang saya ya kalo nikah…hehehe
*Joni, justru saya yg bangga dianugrahi suami dan anak2 spt mereka..

31 01 2007
Tanti

Baca entrymu kali ini … memasuki paragraph pertama jadi kok jadi pen nyanyi say, ” … pagi yang cerah … dan senyum di bibir merah …” < - Happy belated birthday yah, yang terbaik untukmu dan keluarga. :) Haiyahhh … jangan kebanyakan baca gosip artis, yg baca bisa lelehan air mata … mana kita tahu merekanya malah tertawa ala dracula …

31 01 2007
arief fiadi

… kata mereka diriku slalu dimanja … kata mereka diriku slalu ditimang …

hayoooooo nanti anak kita bilang gini ga yah ?

1 02 2007
endangwithnadina

Tanti, yah…gosip selebriti kan sama kayak snack…hehehe
Fiadi, mudah2an ya mas…

1 02 2007
venus

tumben ngomongin tamara? biasane ngrasani hercules…hahaha…

1 02 2007
Endang

*Venus, sstt…tamara tuh temennya hercules kali…hahahahha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: