Eksperimen

23 02 2007

Yang dulu tidak pernah kubayangkan saat mencoba memasuki dunia blogger adalah liku-liku pembelajaran tentang dunia internet khususnya yang menyangkut apa dan bagaimana dalam menjalankan sebuah blog. Ya, aku dulu hanya berpikir tentang belajar menulis dengan baik dan mengungkapkan rasa secara runtut dan komunikatif dalam barisan huruf, kata, kalimat hingga paragraf. Ternyata kenyataannya aku harus mengenal lebih jauh bahasa-bahasa yang jauh lebih sulit dari sekedar alfabet. Waktu yang dibutuhkan, layaknya aku seorang analis komputer saja, bisa sehari penuh tanpa lupa meninggalkan kondisi kepala yang berdenyut dan mata berkunang-kunang.

Selanjutnya, aku harus meluaskan wawasan dan menuruti kegemaranku membaca. Maka, mulailah berkelana ke berbagai alamat para blogger. Akibatnya, aku seperti orang desa masuk kota besar, ternganga dan bercucuran liur melihat banyak ragam tampilan blog yang begitu indah, mengagumkan, dan tulisan yang mengasyikkan untuk dibaca. Dalam benakku berputar pertanyaan mendasar, bagaimana mereka bisa melakukannya, membuat blognya tampak begitu indah dan canggih? Bermodalkan kewibawaan seorang tante terhadap keponakan di negara Sakura, hampir setiap hari aku mendapat kursus kilat HTML, melalui jendela obrolan yang terkenal. Antara mengerti dan tidak, kujalankan semua informasi yang kuterima sesuai kebutuhanku. Sulit menghafal, copy-paste adalah jalan termudah. Semakin lama, mungkin permintaanku membuat keponakanku menjadi stress, hingga dia lebih baik menghilang dari peredaran. Maka, mulai lagi kugunakan jejak perasaan dan naluriku untuk mendapatkan yang kuinginkan, termasuk tampilan impian. Tampilan yang tidak akan disamai oleh blogger manapun. Cara termudah, tentu saja memasang latar belakang foto diri.

Latar belakang foto diri akhirnya berhasil membuat aku senang. Bukan soal ingin dipuji cantik tidaknya atau merasa tiba-tiba menjadi artis, tetapi sekali lagi, aku memiliki identitas. Tidak ada yang menyamai. Dan yang lebih membuatku senang, aku melakukannya dengan tangan, hati dan pikiranku sendiri untuk meramu berbagai resep yang kudapat dari sebuah situs. Bahkan ada satu dua orang yang menanyakan bagaimana caranya membuat tampilan seperti itu. Tentu saja hal ini membuatku tampak seolah pintar. Senang, bangga, namun juga malu jika yang bertanya adalah pemilik sebuah blog canggih. Namun itu ketika fasilitas gratis yang kudapat ini masih dalam versi lama. Sekarang, aku sudah hengkang dalam versi barunya, BETA. Tampaknya versi baru ini memiliki banyak fasilitas bagus dan menarik seperti yang bisa dimiliki blog bergengsi ini. Sayangnya, yang kuunduh belumlah dalam kondisi lengkap sehingga ketika ibu tetangga ini mencoba membantu, yang terjadi justru tekanan darahnya mungkin mendadak naik hampir pecah. Aku merasa begitu kecil. Dimarahi ( ah, ini kulebih-lebihkan saja) seorang seleblogger, sebuah kemewahan yang menciutkan memang. Untung, akhirnya dia mengerti apa masalah yang sebenarnya terjadi, dan bukan salahku.

Akhirnya, sekarang aku betul-betul mengunduh secara lengkap fasilitas yang ada, meski aku harus kembali sama dengan tampilan di tempat lain. Rencanaku, suatu hari nanti akan kubuat lagi sebuah identitas yang khas menjadi milikku, meski harus operasi plastik berulang kali. Namun, pagi ini aku sudah menerima tanggapan dari teman berbagi pacarku itu. Dia memuji tampilin kali ini, dengan ancaman….”Awas kalau pasang background kemarin…sakit mata !”
Oh..teganya dia…..apa yang harus kulakukan, teman?


Aksi

Information

18 responses

23 02 2007
de

enak yang ini memang. Sing wingi, bikin mata katarak.hehehe

23 02 2007
kenny

padanggggggggg,tambah ilmu trus tambah napsu yo jeng…napsu otak-atik template 😀

23 02 2007
crushdew

jadi inget alasanku ngeblog…ga mutu blasss akhirnya keranjingan…lam kenal mbak!

23 02 2007
mei

mbakyu, aku lagi keranjingan pgn ngedit photo..apa2 aku edit..haha, kalau soal tampilan blog..hmm aku sih pgnnya emang punya identitas dewe..tapi males banget ngutak ngatiknya..penggautan!!!

btw hari ini chat ya??Idnya apa??kemarin aku lom sempet save jeee, dan sayang aku nggak bisa komentar tentang wajah yang lama..rung kenal istilahe..hihi

23 02 2007
venus

blog bergengsi??? anjrit !!

lha iya lah aku muntab. situ crewetnya bikin gak tahan. dikit2 nanya, diajarin gak bisa2. huh !!

eh tak kandhani, blog yg ada gambar bergeraknya gini udah ga jaman. out of date. ayo dibuang 😀

24 02 2007
dian mercury

kakakkakak…lha kalo nyari picnya yg berbaju putih sih, boleh2x saja. jangan item. udahlah tulisannya item, picnya berbaju gelap, pake bulu2x pulak kayak kemaren itu. tiap aku scroll down bulunya ngikut

24 02 2007
joni

heheh.. awas nanti ketagihan edit mengedit. 🙂

24 02 2007
endangwithnadina

de, yo tinggal operasi lak beres tho…hahahah
kenny, he eh….gak enak makan n tidur…
crushdew, tetangganya keranjangan ya…tak link ya..
mei, kan pengalaman baru, jadi penasaran…
venus, ah, situ emang sirik ama pacarku kok….
dian, kan kayak bulu kena hormon…hahahah
joni, telat peringatannya om…

24 02 2007
Ely

warna hijau = semoga bersemi cintanya…..cinta ngotak-atik blog! ^_^

25 02 2007
JaF

Yaolooohh.. ampe segitu curhatnya hehe.. Kalo aku, prinsipnya tampilan blog itu emang penting tapi nggak mau terlalu dibikin pusing. Lebih baik kepusingan itu tak habisken buat mikirin isinya/ content.

Disain blog buat aku ya ibarat rumah. Yang penting rumahnya nyaman, asri dan nggak bikin pengunjung puyeng (baca: ndak berat buat dibuka, navigasi jelas, dan nyaman dibaca). Mau ada yang nyamain ndak apa-apa. Toh isinya beda hehe.. Ibarat rumah BTN tipe 36, model boleh sama, penghuninya dong yang beda hehehehe

Tapi kalau emang mau identitas yang khas dirimu dan tidak ada orang lain yang punya, tak saranken beli domain sendiri. Misalnya http://www.endangbauer. com. Murah kok. Ndak bikin kantong jebol. Blogspot juga udah nyediain layanan itu kan.. :p Itu baru sesuatu yang ndak bisa dipunya orang lain.. ekslusif hanya untuk dirimu. Ibarat rumah BTN tipe 36 lagi, model boleh sama tapi alamatnya ndak ada yang mungkin nyamain.. 🙂

Semoga membantu..

25 02 2007
hery

Iya nih lebih juelas aku ngliatnya skarang, pokoknya utak-atik itu bikin kecanduan hihihi. Kalau alasanku ngeblog, karena kurang kerjaan aja, jadinya isi blogku jg kurang mutu hehehe

25 02 2007
Hedi

Bener mbak, bagus nih keren dan simpel 😀
Tapi aku pesen, ngapain belajar sama Venus hahahaha

26 02 2007
Iman Brotoseno

keep in a faith dong…
blognya bagus kok..

26 02 2007
meiy

kalo gitu ajarin bikin blog yg asyik dong ndang, dah tak coba2 blm nemu. blog aku katanya venus keberatan (n kata byk orang juga). skrg sih lagi males ngeblog…:)

27 02 2007
Yanti Wyant

hahahaha…blog jadi bikin ketagihan yah 🙂

27 02 2007
-FM-

hehehehehehe. ini udah bagus kok mbak. kalau mau pasang foto, coba aja ditarok di flickr, trus galeri flickr-nya ditarok di side bar. ini kalau mau pasang fotonya.

27 02 2007
endangwithnadina

*ely, heeheh, cinta ala blogger.
*jaf, sifat perempuan, suka ngatur rumah kan…hehehehe
*hery, iya, jadi junkies…hehehehe…
*hedy, iya,ngapain ya…wong dia bisanya mbayar orang kok…hahaaha
*iman, thanks ya mas…
*meiy, gawat…kalo kacau blognya aku diuber2 nanti..hahahahah
*yanti, ternyata iya tuh…
* fm, thanks Fit…nanti kucoba2..

28 02 2007
Larasati

Betul mbak, yg ini lebih terang. Yang kemaren mataku mbrebes mili je tiap mbaca, kisruh soale…

kayak aku dong mbak…kebanyakan nulas nulis tapi nggak majang2 rumah. Moga2 aja yang berkunjung nggak bosen…

Tinggalkan Balasan

