Sop atau Sup ?

7 03 2007

Dianugrahi 2 kekasih kecil yang semuanya jagoan, biasanya rata-rata orang akan tergoda untuk memperlakukannya secara sama. Aku pun kadang masih kerap tergelincir melakukan tindakan tidak bijaksana ini. Padahal kenyataannya tidak mungkin demikian dan tidak sepatutnya seperti itu. Namun disinilah salah satu letak keajaiban menjadi seorang ibu, memiliki pekerjaan rumah seumur hidup untuk selalu mencari cara mendidik dan berkomunikasi secara berbeda pada tiap buah hatinya.

Rayi, memang sangat berbeda dengan Ari. Dia lebih banyak bicara, lebih teliti dalam mengamati orang dan lingkungannya, seringkali mengeluarkan kalimat-kalimat yang membuat kami terhenyak hingga tertawa terpingkal-pingkal, lebih memperhatikan masalah dandanannya, dan lebih mudah untuk panik. Untuk soal panik, saat-saat dia dalam keadaan seperti inilah saat tersulit untuk bicara dengannya. Telinganya seolah tertutup dan tidak mendengar solusi apa yang ditawarkan padanya. Dia akan sibuk berkutat dengan segala persoalannya saat itu tanpa penyelesaian yang jelas. Jika sudah begitu, biasanya aku akan memberi dia tawaran ekstrim tentang beberapa solusi yang bisa dia pilih. Dan satu diantaranya adalah dia tetap menangis sepanjang waktu, jika perlu di tengah lapangan agar bisa dilihat banyak orang, namun masalahnya tak akan pernah terpecahkan. Memang bukan cara yang seharusnya dilakukan seorang ibu yang baik, tapi setidaknya masih bisa diterima oleh logika Rayi sehingga dia akhirnya terdiam dan memilih solusi lain yang bisa dia piih.

Namun ciri khas ini kadang menggelitikku untuk sedikit menggodanya, seperti yang kulakukan baru-baru ini. Akhir bulan ini Rayi akan mengikuti program outbond bersama sekolahnya di suatu tempat di Sukabumi. Namun sejak awal bulan dia sudah sibuk ini dan itu, dan selalu membicarakannya karena terlalu bersemangat. Satu kali, dia meletakkan edaran sekolah secara tak bertanggungjawab, dimana disana tertulis tentang kebutuhan apa saja yang harus dibawa. Kami akhirnya menyimpannya di suatu tempat, namun juga bertanya pada Rayi tentang hilangnya edaran itu yang bisa berakibat tidak enak bagi persiapan keberangkatannya. Maka kami pun selama sehari itu melihatnya sibuk berpikir bagaimana cara mendapatkan kembali edarannya, entah fotokopi sampai merasa harus menelan malu meminta lagi pada gurunya. Entahlah, tapi kami hanya ingin melatihnya lebih bertanggungjawab terhadap barang miliknya dan lebih tenang dalam menghadapi sesuatu masalah.

Semalam, aku membuatkan sepanci kecil cream soup. Ari dan Rayi memang sangat suka pada jenis makanan ini, namun mereka tidak akan menyentuh sayur sop jika ibunya ini tidak sedikit memaksa. Aku menawarkan pada mereka untuk sarapan pagi ini disertai beberapa lembar roti kering dan susu hangat. Sebenarnya tidak kuperhatikan benar apa yang kuucapkan, namun Rayi adalah seorang pengamat yang baik. Maka beginilah dia akhirnya berkomentar,
” Ibu bilangnya ini SUP. Tapi kadang ibu bilang SOP. Mana yang benar sih? Oh…aku tau…aku bakal makan kalau ibu bilang SUP, soalnya artinya sup krim ini. Kalau SOP artinya sop sayurnya orang Jawa itu, aku gak mau ah….” Kakaknya setengah tersedak karena menahan tawa saat akan menelan sarapannya, sedangkan aku dan Pak Uban hanya nyengir tanpa suara.

Yah…secara nilai akademis mungkin dia tidak atau belum sehebat kakaknya. Namun kemampuannya mengkritik dan menyentil kesalahan orangtuanya, bagiku sangat mengagumkan. Kami tidak menjadi tersinggung soal gengsi keorangtuaan namun sebaliknya malah malu karena tidak menyadari kekhilafan kami. Dan kami justru bisa ikut menertawakan kebodohan-kebodohan orangtua. Bukan main !


Aksi

Information

17 responses

7 03 2007
mei

sop juga merupakan makanan kegemaran cantikku. apapun makanannya asal di sop, sop lo mbakyu bukan sup..hihi

7 03 2007
venus

yg bener itu ‘soup’, dibaca ‘sup’.
eh tapi sakkarepmu dhing, mbak pur.. ๐Ÿ˜€

7 03 2007
TaTa

SOP BUNTUT itu pasti SOP bukan SUP hiihihi

7 03 2007
arifkurniawan

si Rayi umurnya berapa mbak sekarang?

8 03 2007
dian mercury

yeee dasar ibu pikun..jadi yg mana donk, bu yg bener ? makanya ngomong yg jelas kekkekek…

yg bener itu sup, nak rayi….kalo sop itu artinya sabun

8 03 2007
Evy

Kalau gitu bikin sup aja terus bu, biar rayi mau makan…:)

aku di Pesona mbak, tapi itu dulu sblm brgkt mo tak jual masih di kontrak

8 03 2007
Larasati

kalo sup bunyinya sruput…aghhh…
kalo sop bunyinya sropot….agghh…
cuma beda dibunyi aja kok…

8 03 2007
hery

Wah bakalan bisa jadi pengamat politik nih kalau sudah besar nanti :), pintar mengkritik hehehe

8 03 2007
DenaDena

Aku mau sup nya… Eh salam buat si bogang hahaha. Jagoanku yo bogang pisan.

8 03 2007
endangwithnadina

*mei,hehe, wong Jowo…
*venus, halah, mbak pur meneeeh..
*tata, bukan sop bontot?
*arif, 7th nih om
*dian, yeee, sabun mah soap kan…
*evy, wah..ada temenku jg di pesona..
*laras, hahahah, boleh juga ibu ini nemenin tukul mbanyol..
*hery,halah, gak usah politik2an mas…
*dena, mreneo de, tak kenalno si bogang

8 03 2007
meiy

anak adalah guru sepanjang kita hidup bersamanya….:)

uh ngiler mbayangin sup mu ndang

9 03 2007
-FM-

anak tipe begini biasanya punya banyak bakat terpendam. belum ketahuan aja.

10 03 2007
joni

gak kepengen punya anak cewek? tiap anak beda2 karakter? *katanya* satu sifat ibu, satu sifat bapak, kadang2 kombinasi, nah kekasihnya Rayi ini mirip siapa ya sifatnya? ๐Ÿ˜‰

10 03 2007
angin-berbisik

special boy ๐Ÿ™‚

salam kenal rayi ๐Ÿ™‚

10 03 2007
siti hirai

sop orang jowo, sup org sunda kali…dasar emak ini yg bener dunk klo bilang ๐Ÿ˜›

11 03 2007
mariskova

Kalo udah ketemu caranya ngeles buat Rayi, kasih tau dirikuh ya hehehe…

btw, maen game? Gak gue bangettt..

11 03 2007
endangwithnadina

*meiy, eh…tiap ngomongin sup ini pasti bikin ngiler kok ya…
*fm, yg pasti keliatan skrg ya bakat ngomong dan ngamatinnya itu…hahahah
*joni,anak cewek? nanti kan punya mantu…hehehe…
*tia, halo tante Tia…
*kenny, hahahaha….dodols!
*devi, nanti kubisikin ya dev….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: