Cinta pada Sebuah Kantong

27 11 2007
Subuh datang lagi, menyiapkan sarapan pagi. Kopi, susu coklat, sekotak mentega, sekotak meises, beberapa potong sosis, sekantong roti tawar……Mengoleskan mentega pada lembaran-lembaran roti dari kantong yang tadi dan membagikan ke tiap piring yang sudah menunggu. Mata dari tangan yang mengoleskan mentega, sesekali kembali melemparkan tatapannya pada kantong roti. Menghitung lembaran yang tersisa di dalamnya. Pagi ini, mungkin masih akan ditemui dua tiga lembar roti di dalamnya, sebelum sore atau esok hari kantongnya melayang ke tempat sampah di sudut. Tak berguna lagi.
Beranjak siang, membersihkan lemari pendingin dari yang tak perlu. Kotak-kotak penyimpan di dalamnya menyisakan beberapa potong cabai yang masih berbalut plastik kecil tipis. Sebuah kantong lagi yang akan segera tak berguna. Dan dalam pembersihan ini, nasibnya pasti akan berakhir menemani kantong milik roti tadi. Di tempat sampah. Lagi, tak ada yang menangisi terbuangnya kantong-kantong itu. Toh cuma kosong.

Ada sekantong lagi di sudut pendingin ini. Permen-permen coklat yang masih cukup banyak isinya. Jika gegabah yang terjadi dan menyamakan saja nasib kantong itu dengan yang dua tadi, pasti ada yang akan menangis. Menangisi sang permen, bukan kantongnya. Ah……..yakin aku, ….pasti tentang permennya. Kantongnya…….pasti bukan apa-apa. Gantikan saja dengan kotak penyimpan, tak ada masalah yang muncul.

Tiba-tiba aku terbatuk. Teringat sebuah kantong lain. Elastis tapi rapuh juga, tak semua punya kemewahan mendapatkannya. Apakah bisa sama dengan semua yang terbuang tadi……….mestinya tidak. Satu ini sangat istimewa. Dia ajaib. Intan berlian tak sanggup menakar harganya, juga untuk apa yang sanggup ditampung di dalamnya. Sebuah kehidupan.



Gambar diambil dari sini
“Aku punya kantong ini. Dan ada dua berlian kuambil dari sana “.

Mungkin duduk lebih baik. Guncangan rasanya kembali melanda. Bungah. Melonjak. Dan melemparku lagi dalam kebisuan yang memang tak bisa punya kata. Rasa bungah dan lonjakan girang untuk berlian-berlian yang mampu dihadirkan kantong milikku. Tapi kebisuan yang ada ketika perempuan yang sama sepertiku tak tahu untuk berkata. Dia ……melepas tak hendak. Dia kehilangan. Tak mungkin ada berlian di tangannya, di pangkunya, apalagi menyesap air surga darinya.

Aku dan semua perempuan. Kadang kilau nama kami hanya karena kantong kecil ini. Banyak cinta akan diberikan di kehidupan kami. Tapi ketika hitungan waktu berjalan makin tua dan tak sebuah pun berlian muncul dari kantong kecil kami ini, nama kami bisa jadi tak berkilau lagi. Cinta kami bisa pergi jika yang memberi terlalu meminta upah.

Di sudut kota ini, ada satu cerita dari banyak yang pernah tersiar. Perempuan yang belum dihampiri cinta, tapi sudah tak menggendong lagi sang kantong. Bukan dia yang mau. Yang dia tahu, kantong miliknya seolah diperlakukan sama dengan kantong roti, kantong cabai, kantong permen. Mungkin di tempat sampah entah dimana. Tak mungkin ada lagi berlian yang diciptakannya dengan nafas kasih dan bakal menyesap air surganya. Entah cinta, apa masih mau datang padanya tanpa meminta.

Memang cuma sebuah kantong. Lihat saja begitu. Tapi semua bisa ada karenanya. Cinta, kehidupan, harga diri, harga uang, rasa bangga, nama baik nama buruk, akar penyakit, ….terlalu banyak yang bisa ada. Tapi jika lalu koyak, harus ada airmata yang dihormati untuk melayangkannya entah kemana. Karena kantong ini berbeda. Karena kantong ini…………suci……..

Iklan

Aksi

Information

35 responses

27 11 2007
-Fitri Mohan-

moga2 beliau kuat dan tabah ya mbak.

27 11 2007
CempLuk

sama kayak mbak fitri mohan : amin, moga beliau tabah..

27 11 2007
evi

jadi ingat tante ku, disaat mendambakan buah hati slm 17 thn, berhasil, tp tiba-tiba ada sesuatu yg menggerogoti kantong itu. akhirnya…semua harus dibuang termasuk kantong itu. kasian….

semoga beliau tabah ya mba.

27 11 2007
iway

sayang sekali ya mbak, yakinlah ini pemberian yang terbaik

27 11 2007
de

semoga bisa melewati cobaan dgn lapang dada

27 11 2007
DooHaN

Kantong itu masih ku cari sampai sekarang…
Pada siapakah akan ku dapat?

27 11 2007
dian

banyak cara untuk mendapatkan berlian….adopsi. mungkin bisa lebih mulia dimata tuhan, dimata orang laen.

semoga dia kuat dan sehat2x aja

27 11 2007
angin-berbisik

bagus banget mbak…alur ceritanya…mengharukan juga…

27 11 2007
danudoank

trenyuh hati manakala ‘kantong’ diperlakukan seenaknya sama trenyuhnya manakala ‘kantong’ dijadikan alasan untuk berbuat seenaknya.*halah sok tahu sayah yah, mugi-mugi allah memberikan yang terbaik baginya.

27 11 2007
ichal

ternyata akupun berasal dari kantong itu,,!!
HORMAT dan keHORMATan adalah dua kata dengan arti yang bisa saja berbeda!!

postingan ibu-ibu banget dan masih dengan gaya bahasa yang enak dibaca!

27 11 2007
Iman Brotoseno

hiks jadi terharu…kok kamu tulisannya makin menggigit..

27 11 2007
Putirenobaiak

sedih bgt ndang…moga ybs tawakal ya ndang, Sang Maha Pengasih punya rencana yg tidak kita tahu…

kangen deh baca endang yg makin ‘dalam’ aja. sori nih br keluar hutan, blm sempat BW2, mana listrik masih mati 3 x 4 jam seharee

dibawa smile aja kali…:)

27 11 2007
cewektulen

tulisannya sangat perempuan sekali. saya suka….

27 11 2007
elly.s

tabahlah kepada mereka yg kantongnya belum menghasilkan berlian…
Allah tau yg terbaik…mungkin dari tangan anda anak2 tak berayah ibu itu akan menemukan keluarga idaman mereka..
Sesungguhnya segala sesuat itu ada hikmahnya

28 11 2007
Larasati

cerita2 begini mbikin aku mengkeret. takut, sedih, campur aduk

28 11 2007
djoko

Sedih sekali Mbak Ceritanya, saya kira bukan cerita sedih awalnya.

28 11 2007
endang

*fitri,cempluk,evi,de,: makasih ya supportnya
*iway, yg pasti sih tidak pernah ada sesuatu yg tanpa maksud
*doohan, kalo dapet orgnya trus gak punya kantongnya, gimana?msh mau gak?
*dian, masalahnya gak semua mau berpikir begitu….
*tia, ini beneran jeng…
*danu, gak sok tau kok mas….memang bener.
*ichal, memang semua daari sana….
*iman, sakit gak mas? hehehehhe
*meiy, iya…kalo dibawa emosi makin gak enak kan bu…
*senja, memang kali ini bersimpati pada perempuan….
*elly, iya pasti ada hikmahnya..
*larasati, aku juga sampe bengong..
*joko, wah…maap mas…sedih dan emosi saya…

28 11 2007
GusKoko

Jadi kantong itu ada kelas2-nya, mulai dari kantong plastik, kantong beras, kantong baju sampai dengan “kantong” yang begitu tinggi (sangat tinggi, hingga tak tergapai) harganya.

Penyampaian nya begitu indah, begitu mengesankan, hingga beda dengan tulisan blog2 lain.
Kapan boleh ‘pa enggak aku interview Endang ?

28 11 2007
tata

apakah kantong saya akan diisi sang pencipta ???

28 11 2007
NN

Tulisannya bagus bangetttttttttttt,

28 11 2007
pyuriko

Titip salam untuknya, semoga ia tabah… ^_^

Dan nanti akan diberikan yang terbaik olehNya.

28 11 2007
mei

sopo mbak???

gmailkuku alamat blog iki yu =)

28 11 2007
andri

so touching….
di kantong itulah juga nampak sekali campur tangan dan kekuasaanNya…

29 11 2007
Muhammad Mufti

Kantong kehidupan, terutama bagi pasangan yang baru menikah. Mereka akan selalu berharap mendapatkan satu kehidupan dari kantong ini.

29 11 2007
venus

wew…
tapi apapun, mari kita kembalikan semua kepada-Nya…

29 11 2007
Ely Meyer

komentar di atas bijaksana sekali ^_^

cuma membayangkan bagaimana kalau kita2 sekarang ada di posisi wanita dalam postingan di atas?

29 11 2007
isnuansa

cerita tentang perempuan tanpa kantong suci ini masih Aminah itu bukan, mbak?

29 11 2007
Nataludin

kantongnya dijaga, jangan sembarangan dimasukkan…entar kebakaran

30 11 2007
Mama Rafi

Tuhan pasti punya kehendak lain,yakin aja dibalik semua musibah menanti berkah yg lebih besar.

30 11 2007
just Endang

*guskoko, waduh…diinterview? kyk seleb aja…hehehe
*tata, kan tetep berdoa dan pasrah kan…
*NN,makasiiih…..
*Iko, makasih ya Iko….
*mei,aku invite gmail kok ora dijawab?
*andri, bener mas…..makanya spesial..
*mufti, kalau msh bisa berharap begitu, alangkah nikmatnya…
*venus, akhirnya memang harus begitu……
*ely, aku bengong semaleman…
*isnuansa, bukan jeng…hihihi…
*nataludin, heh?
*mama rafi, yg pasti biar lbh tawakal

1 12 2007
JaF/ Rane

Ciptaan Nya memang luar biasa.. Kehendaknya jauh lebih luar biasa, walau di mata kita sering kelihatan menyebalkan apalagi menyakitkan..

1 12 2007
Neng Keke

Insya Allah si berlian akan muncul di waktu yang tepat dan mungkin aja wujudnya nanti bukan ‘berlian’ 🙂

God works in mysterious way…

2 12 2007
aroengbinang

pengalaman hati dan jiwa yang sangat dalam yang mungkin hanya bisa dirasakan oleh mereka yang mengalaminya sendiri… pada waktunya, kita harus merelakan semuanya kembali kepada keabadian…

3 12 2007
mercuryfalling

hihihihi gini khan keren commentnya

3 12 2007
just Endang

*jaf, akhirnya hrs begitu. tp sebelumnya,hrs ada yg dihormati dulu.
*neng keke, makasih…
*aroengbinang,pasti mas…
*mercuryfalling, hahahahha….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: